Kamis, 16 Februari 2012

Analisa Supply Chain Management pada DHL


*Analisis dan Design Rantai Pasokan
Banyak pelanggan datang ke DHL dengan permasalahan bisnisnya dan tidak selalu permasalahan rantai pasoknya. Melalui konsultasi rantai pasok dan studi jaringan desain, DHL dapat membantu pelanggan untuk memberikan gambaran besar apa yang dapat berjalan dan apa yang dapat dioptimalkan untuk memperbaiki efisiensi operasional dan layanan pelanggan yang lebih baik.
DHL menggabungkan alat model rantai pasok yang ada dengan kenyataan di lapangan yang telah dialami. Hasilnya adalah sebuah rantai pasok yang dapat membantu bisnisnya pelanggan mulai dari hari pertama dan memberikan fleksibilitas akan kebutuhan terhadap perubahan.
Ketika pelanggan mulai cekatan dengan bisnisnya dan memiliki hubungan yang lebih baik dengan pihak ketiga, mengurangi biaya kerja dan memberikan layanan yang lebih baik diseluruh rantai pasokan, pada saat itulah DHL tahu bahwa pelanggan telah mencapai tujuannya.

*Solusi Design
Solusi desain adalah seni dan ilmu untuk menganalisa rantai pasokan guna menemukan cara untuk memperbaikinya. Tim solusi desain DHL dapat memberikan beragam dukungan dan layanan mulai dari strategi jaringan logistik, desain transport, desain pergudangan dan simulasinya sampai pada perbaikan kerja operasional dan analisis inventori.
Sistem operasional logistik apabila digabung dengan jaringan global, memberikan solusi transportasi udara/ laut serta pergudangan. DHL mempelajari semua aspek operasional logistik guna menemukan permasalahan yang ada serta mencari peluang untuk perbaikan. Model rantai pasokan yang kini sudah berjalan di dalam DHL dapat menjadi acuan sistem operasional logistik bagi pelanggan. Dengan berdasar pada kondisi yang terjadi sekarang, DHL akan memperbaiki kondisi pelanggan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapainya di kemudian hari

*Manajemen Rantai Pasokan Internasional
Kita hidup di lingkungan ekonomi global dimana produk didapatkan dari lokasi yang dapat menghasilkan produk berbiaya rendah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan harga yang terjangkau. Dari fashion sampai ke peralatan elektronik, suku cadang mobil, rantai pasokan semakin panjang, sehingga pelanggan menjadi semakin menuntut. Perubahan di perekonomian dunia berarti perubahan keputusan yang terus-menerus, sehingga menambah tekanan dalam rantai pasokan.
Sebagai pemimpin pasar di pengiriman kargo dan kontrak logistik, DHL memiliki pengalaman, kemampuan untuk membantu pelanggan merubah pola pembelian dengan pemasok, memperbaiki control untuk barang masuk ke rantai pasokan, mengurangi biaya produk, biaya logistik dan inventori.

Layanan yang diberikan DHL meliputi :

  • Solusi dan konsultasi rantai pasokan internasional
  • Layanan pusat kontrol, mengelola operasional dan pelacakan rantai pasokan
  • Manajemen di lokasi pengiriman barang termasuk konsolidasi, manajemen vendor dan layanan bernilai tambah
  • Manajemen pengiriman kargo dengan berbagai moda trnasportasi darat, laut, udara
  • Manajemen di lokasi penerimaan barang : de-konsolidasi, pelabuhan ke pusat penerimaan barang dan layanan by-pass di lokasi penerimaan.

* Contoh Penerapan Rantai Pasokan


Waktu sudah larut malam di pusat DHL International di Brussels, sekalipun begitu bangunan raksasa tersebut masih penuh dengan forklift (truk dengan alat khusus didepannya untuk mengangkut barang) dan para pekerja penyortiran yang sibuk. Kotak-kotak keluar masuk dari pesawat DHL mulai dari komputer DELL dan router Cisco hingga knalpot Caterpillar dan pompa hidrolik Komatsu. Komputer Sun Microsystems dari California dibuat untuk Finlandia; CD-ROM dari pabrik Teac di Malaysia dikirim ke Bulgaria.
Perpindahan dari pintu ke pintu untuk suatu paket yang sensitif terhadap waktu merupakan kunci bagi e-commerce, JIT, siklus hidup prosuk yang pendek, mass customization, pengurangan persediaan, dan keseluruhan rantai pasokan global. Rantai pasokan global terus bergerak, sangat tepat bagi industri pengiriman udara.
Dengan jaringan tidak terpusat yang mencakup 227 wilayah dan negara (lebih dari jumlah negara yang bergabung dalam PBB), DHL benar-benar merupakan sebuah perusahaan multinasional. Kantor pusat di Brussels hanya memiliki 450 karyawan dari keseluruhan karyawan yang berjumlah 60.000 orang, dengan 26 kebangsaan.
DHL telah menjalin sebuah jaringan global yang luas dari pusat logistik kilat untuk barang-barang strategis. Sebagai contoh, di kantor pusat logistiknya di Brussels, DHL meningkatkan, memperbaiki, dan melakukan konfigurasi komputer Fujitsu, proyektor InFocus dan peralatan medis Johnson & Johnson. DHL menyimpan dan menyediakan komponen untuk EMC dan Hewlett-Packard serta menggantikan telepon Nokia dan Phillips. Jika sesuatu rusak pada hari kamis       pukul 16.00, maka gudang yang bersangkutan akan tahu pada pukul 16.05,       dan barang tersebut ada di pesawat DHL pada pukul 19.00 atau 20.00 malam itu juga,” kata Robert Kuijpers, CEO DHL International.
Sumber : EBN (25 Februari 2002) : 27, dan Forbes (18 Oktober 1999) : 120-124.

* Global Customer Solutions – Membantu Pelanggan

Rekan bisnis, penemu rantai pasokan, ahli di bidangnya, memiliki sumber daya khusus untuk menangani masing-masing pelanggan. DHL membentuk organisasi Global Customer Solutions untuk bekerja berdekatan dengan 100 pelanggan terbaik kami dan menjalankan semua pekerjaan yang ada dan lebih banyak lagi. DHL ingin menjadi first choice (pilihan pertama) untuk pelanggan setiap saat. Oleh karena itu DHL terus-menerus berjuang secara konstan untuk membuat pelanggan menjadi lebih sukses, membantu mereka untuk tumbuh dan mengerti aspirasi bisnis mereka.
Pelanggan-pelanggan global terbaik selalu mengharapkan yang terbaik. Mereka mengharapkan agar DHL dapat mengantisipasi dan memecahkan tantangan rantai pasokan mereka dengan kualitas dan komitmen tertinggi.
Tidak terkecuali, solusi-solusi di atas membutuhkan dukungan yang berdedikasi dan pribadi sepanjang hari, setiap harinya di setiap lokasi.
Karena itulah DHL membentuk Global Customer Solutions – sebuah organisasi penuh dengan para spesialis yang membentuk hubungan kerekanan dan bekerja berdekatan dengan grup milik 100 pelanggan terbaik di seluruh dunia. Dibentuk pada tahun 2004, Global Customer Solutions melayani para pelanggan di setiap penjuru dunia. Global Customer Solutions juga berperan sebagai kontak tunggal di sepanjang proses rantai pasokan – mengirimkan apapun mulai dari sebuah surat sampai container 40 kaki.
Pelanggan DHL adalah para ahli di sektor-sektor industri utama, termasuk di dalamnya :
·         Otomotif
·         Jasa dan produk umum
·         Mesin dan Pabrik
·         Ilmu Pengobatan dan Kesehatan
·         Teknologi
Dan mereka mengharapkan DHL mengerti bisnis mereka, sehingga mereka dapat fokus pada kompetensi inti mereka sendiri. Para pelanggan terbaik juga membutuhkan fleksibilitas untuk memilih dari beragam pilihan supply chain yang tersedia – seperti express, udara, laut, freight dan kontrak logistik.
Tim DHL Global Customer Solutions secara terus-menerus mecari solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya dan memajukan bisnis mereka. Kami mendengarkan pelanggan kami dengan baik dan bekerja bersama mereka untuk menyediakan solusi yang berkualitas tinggi. Bagi DHL kesuksesan pelanggan adalah kesuksesan DHL pula.

* Tanggung Jawab Korporat

Tanggung Jawab Korporat adalah elemen inti dari strategi korporat DHL. Bila perusahaan bertindak dengan bertanggung jawab, berarti perusahaan memperlakukan karyawan, lingkungan, kepentingan masyarakat dan modal yang dipercayakan kepadanya secara hormat dan lestari. Dengan cara ini saja DHL meraih sukses dalam jangka panjang.
Deutsche Post DHL berkomitmen untuk membuat perubahan positif dan jangka panjang di dunia dengan menggunakan pengetahuan dan kehadiran global yang menguntungkan orang dan lingkungan. DHL berfokus pada tiga bidang keterlibatan strategis yakni GoGreen, GoHelp dan GoTeachuntuk melaksanakan tanggung jawabnya. DHL senantiasa mendorong karyawannya untuk melakukan kerja sukarela dalam proyek-proyek korporat dan lokal perusahaan.

 -       GoGreen: Melindungi lingkungan
             DHL Article
  • Mengoptimalkan efisiensi karbon dari jaringan, armada dan gedung-gedung kami
  • Menguji dan memperkenalkan teknologi penggerak alternatif dan energi terbarukan
  • Membantu pelanggan kami mengurangi emisi karbon mereka dengan menawarkan solusi ramah lingkungan

-          GoHelp: Memberikan bantuan        

 DHL Article

  • Bermitra dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam upaya membantu orang-orang yang kekurangan
  • Menyediakan bantuan logistik bandara gratis dengan Tim Tanggap Bencana (DRT) kami
  • Memberi pelatihan penduduk lokal untuk menyiapkan bandara dengan lebih baik untuk memberikan layanan setelah terjadinya bencana alam (GARD)
 -        GoTeach: Memperjuangkan pendidikan             

DHL Article

  • Bermitra dengan Teach First Deutschland dan Teach For All untuk membuka akses terhadap pendidikan bagi anak-anak yang kurang beruntung
  • Bermitra dengan SOS Children’s Village (Kampung Selamatkan Anak-anak) di beberapa negara untuk mendukung pengembangan orang-orang muda untuk mendapatkan kesempatan yang lebih baik dalam hidup
  • Program beasiswa UPstairs untuk anak-anak karyawan



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Blogholic