Kamis, 16 Februari 2012

Contoh Kasus Hilangnya suatu produk karena tersaingi Oleh Produk Substitusi


Pada akhir tahun 1990-an masyarakat diperkenalkan pada suatu produk pemutar musik portable yang praktis, dapat dibawa kemana saja hanya dengan cara memasukkan CD atau VCD ke dalamnya. Alat ini dikenal dengan nama “Discman” yang pada pertama kalinya diproduksi oleh Sony. Kelebihan dari produk ini tentu saja membuat kita dapat mendengarkan musik dimana saja kita berada tanpa harus membawa alat elektronik “sebesar” radio tape.
Dengan membidik segmentasi konsumen remaja, produk ini mendapatkan sambutan yang bagus di pasar. Di sisi lain produk inipun memilik kekurangan, yakni apabila CD yang digunakan tergores atau kurang bersih akan mengakibatkan kualitas suara yang dihasilkannya kurang bagus. Selain itu, harga CD di pasaranpun masih relative mahal jadi otomatis target konsumennya terbatas hanya pada kalangan menengah ke atas saja.
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, keberadaan Discman-pun terkena imbasnya. Disaat produk ini memasuki fase Maturity, Sony tidak membuat diferensiasi produk yang mampu membantu mempertahankan penjualan dikarenakan masuknya satu produk substitusi berupa MP3 Player yang memiliki Competitive Advantages  yang lebih banyak dibandingkan dengan Discman, salah satunya adalah bentuk fisik dan ukuran file musik MP3 yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan Discman. Selain itu, harga MP3 Player yang jauh lebih terjangkau dan sudah terdapat media storage didalamnya berupa harddisk yang membuat kita dapat mendengarkan banyak lagu tanpa harus memasukkan & mengeluarkan “CD / VCD”, lain halnya dengan Discman yang hanya terbatas mendengarkan CD yang sedang diputar saja.
Semenjak keberadaan MP3 Player yang fenomenal, otomatis Discman memasuki fase Decline yang ditandai dengan tajamnya penurunan tingkat penjualan dan pada akhirnya menghentikan proses produksinya. Ilustrasi di atas menggambarkan bahwa yang pada awalnya Sony tentu tidak mengira bahwa produknya tsb akan “dikalahkan” bukan oleh kompetitornya seperti Discman bermerek Aiwa, Phillips, Kenwood, Pioneer, dsb. Namun ternyata dikalahkan oleh produk substitusi yakitu MP3 Player.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Blogholic