Kamis, 16 Februari 2012

Pet Accessories Online Shop



Tipe Toko : Pet Accessories Online Shop
Jenis Barang Dijual : Dog or Cat Necklaces, tie pet, Dog Bow tie, Dog Hair Pins dsb.


Dog or Cat Necklaces  1

         
Dog or Cat Necklaces  2

                                                     Dog Hair Pins 1                                                         
Dog Bow Tie 1
 Dog Bow tie 2     
                                      



        
1.      VALUE PROPOSITION  :
      Belum banyaknya jumlah toko aksesoris hewan yang ada di bandung baik secara online ataupun offline store dan belum banyak toko pet accessories di Indonesia sehingga orang-orang yang ingin membeli pet accessories harus membelinya secara langsung di toko petshop. Sementara itu, toko petshop di Bandung belum terlalu banyak yang menjual pet accessories karena mereka lebih terfokus pada penjualan -hewan peliharaan dan keperluannya sendiri seperti makanan, vitamin, sampo, dan lain sebagainya.
      Selain itu dengan toko elektronik ini, customer hanya tinggal mengakses toko melalui koneksi internet, memilih beranekaragam aksesoris dan secara praktis membelinya.

2.      REVENUE MODEL
Modal berupa uang kami dapatkan dari beberapa investor yang selanjutnya kami sebut dengan “pemegang saham” selain tentunya berasal dari kami bertiga dengan modal awal yang sama nominalnya. Selanjutnya modal tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhan yang tertera didalam laporan budgeting, untuk beberapa waktu ke depan dipastikan bisnis kami ini belum bisa memperoleh laba, bahkan mungkin loss-profit, tapi setelah mencapai BEP keuntungan akan dibagikan ke semua “pemegang saham” sesuai dengan proporsi modal yang mereka tanam.


Penghasilan diperoleh dengan cara penjualan produk-produk berupa aksesories hewan peliharaan berikut perlengkapannya secara online. Penjualan dilakukan setelah customer memilih barang yang ingin dibeli, kemudian customer melakukan pemesanan secara online (melalui messenger) ataupun melalui kontak center (SMS).


Setelah pemesanan dan pembayaran dilakukan, kemudian customer di reply untuk memberi informasi nomor pemesanan berikut konfirmasi pembayaran. Setelah itu, pengiriman barulah dilakukan via jasa kurir.

3.      MARKET OPPORTUNITY
Menurut kami, peluang dalam bisnis pet accessories ini masih terbuka sangat lebar karena belum banyak competitor yang bermain didalamnya. Kebanyakan bisnis sejenis ini lebih bermain dalam penjualan hewan-hewan peliharaan saja tetapi belum banyak yang menyertakan penjualan aksesoris didalamnya, biasanya penjualan hewan tersebut juga disertai dengan penjualan perawatannya sehari-hari seperti sampo, sisir, sabun dsb.

4.      COMPETITIVE  ENVIRONTMENT
Terdapat beberapa pesaing di pasar pet accessories ini seperti beberapa online shop serupa yang menjual produk yang hampir sama dengan produk kami tetapi belum ada online shop yang focus hanya pada pet accessories tetapi lebih pada penjualan hewan peliharaan dan kebutuhannya sehari-hari jadi menurut kami belum banyak pesaing yang akan hadapi di bisnis ini.

5.      COMPETITIVE  ADVANTAGES
      Bisnis yang relatif praktis ini membuat customer merasa mudah untuk memenuhi kebutuhan hewan peliharaanya karena customer tidak harus pergi ke petshop untuk memilih aksesories, yang bahkan belum tentu ada dan cocok sesuai dengan seleranya, terlebih lagi harga yang ditawarkan oleh petshop relatif lebih mahal dibandingkan dengan harga yang kami tawarkan. Dengan adanya system online ini, maka dimungkinkan untuk customer melihat barangnya secara online dan melihat ketersediaan berikut harganya langsung. Selain itu harga yang ditawarkan juga relatif murah bila dibandingkan dengan harga di petshop. Berikut beberapa keunggulan bersaing yang kami miliki :

  • Kami memiliki domain yang strategis (domain kami jadikan identitas perusahaan sekaligus brand yang juga mudah dihafal oleh calon konsumen).
  • Online shop  kami memiliki fitur yang lengkap dan otomatis
  • Struktur database dan system yang baik akan menjamin online shop kami stabil dan aman
  • Terdapat Shipping Cost Management sehingga konsumen akan otomatis mendapatkan ongkos kirim yang akurat dari perhitungan berat produk yang mereka beli.
  • Produk yang ditawarkan variatif dengan harga yang  relatif terjangkau
  • Produk kami tidak pasaran karena kami memiliki designer sendiri serta konsumen bisa memesan produk secara customize sesuai dengan keinginan mereka.
  • Ketepatan produk secara riil tidak akan jauh berbeda dengan gambar yang ada di gambar / internet
  • Kepastian pengiriman barang sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan sebelumnya dan kami bekerja sama dengan layanan kurir yang terpercaya
  • Secara berkala kami akan membuat program-program promosi untuk terus meningkatkan penjualan dan menyebarluaskan informasi mengenai produk kami.

6.      MARKET STRATEGY
Untuk promosi, selain dilakukan secara online melalui jejaring social seperti facebook, twitter, blackberry messenger, dan email, promosi sangat tepat dilakukan dengan iklan di website-website berhubungan dengan hewan peliharaan. Promosi yang sangat menguntungkan juga bisa dilakukan saat adanya pameran PERKIN dari perkumpulan kinologi yang sering dilakukan dalam jangka beberapa bulan satu kali bahkan event ini sering juga dibuat dengan skala internasional dan dihadiri oleh banyak penggemar hewan peliharaan. Selain itu, kami juga percaya bahwa salah satu media promosi yang sangat efektif adalah “word of mouth”, jadi kami akan menyeberluaskan info tentang produk kami ini dari satu orang ke yang lainnya, dimulai dari kami sendiri. Oleh sebab itu sebisa mungkin kami akan selalu berusaha untuk memuaskan kebutuhan konsumen akan pet accessories  untuk hewan peliharaan mereka karena apabila konsumen puas maka akan sangat mudah mereka mengabari kerabat, keluarga dan teman-temannya tentang produk kita ini dan hal ini akan menjadi promosi tanpa biaya.

7.      ORGANIZATIONAL DEVELOPMENT




Purchasing : bertanggung jawab atas seluruh stock barang yang tersedia dan bertugas melakukan pembelian barang dan bahan ketika stock sudah mulai berkurang.
Administrasi : mengurus segala jenis administrasi dan keuangan yang berlangsung dalam perusahaan
Customer Support : memberikan informasi dan menanggapi pertanyaan ataupun keluhan customer atas produk yang dijual. Saran dan kritik dari konsumen ini akan kami jadikan feedback agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.
IT Support : Bertugas meng-handle seluruh system informasi dan jaringan perusahaan. IT support juga memegang peranan penting mengingat perusahaan ini merupakan perusahaan online.
Marketing : Bertugas mempromosikan dan memperluas jaringan pemasaran.

8.      MANAGEMENT TEAM
Pengalaman dan latar belakang yang diperlukan adalah orang-orang yang mengerti mengenai marketing, bisnis, bidang peternakan (berhubungan dengan hewan khususnya hewan peliharaan), menguasai IT dan juga design product.  Dengan bersatunya orang-orang yang memahami hal-hal tsb kami yakin bisnis kami ini bisa tumbuh dan berkembang dengan cepat sesuai dengan harapan tujuan bersama.


TEKNOLOGI 
  1. Domain  yang kami gunakan sebagai identitas sekaligus web page kami adalah : “cutiepetty.net”.
  2. ISP  yang digunakan adalah Speedy dengan alasan sebagai berikut :
-          Speedy relatif stabil, karena infrastruktur tidak terbagi dengan pengguna lainnya, maka kecepatan tidak terpengaruh oleh jumlah pelanggan dan pertambahan jumlah pelanggan yang akses. Koneksi lebih stabil karena masing-masing pengguna mempunyai jalur tersendiri ke peralatan multiplexer disisi TELKOM. Anda dapat menikmati pengalaman akses internet dengan kecepatan download sampai dengan 384 kbps
-          Paket yang ditawarkan variatif, dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan kami
-          Lebih aman, saluran/jalur yang digunakan pengguna SPEEDY digunakan sendiri dan tidak dibagi dengan pengguna lainnya (not shared), sehingga keamanan lebih baik. Hal ini penting untuk aplikasi e-business
-          Praktis, Layanan komunikasi suara/fax dan data/internet kecepatan tinggi dapat dilakukan pada saat yang bersamaan tanpa saling mengganggu (simultan)
  1. Perbedaan Server Hosting/Shared Hosting dan Colocation
Server Hosting/Shared Hosting:
·            Penggunaan resource terbatas dan ada aturannya
·            Penggunaan di share dengan beberapa hosting/client lainnya
·            Menyewa space disk dari suatu server untuk menyimpan data - data kita sehingga bisa di akses secara online
·            Biaya lebih murah
·            Share hosting lebih baik digunakan untuk web yang masih bersifat development dan baru launching dimana traffic masih belum terlalu tinggi
·            Server disediakan oleh penyedia dan disewa oleh pengguna/client


Colocation:
·            Tidak di share dengan hosting/klien lainnya
·            Memiliki hak akses penuh, akses administrator/root terhadap mesin server tersebut, sehingga memiliki kontrol/akses dan kebebasan yang lebih
·            Keamanan lebih terjamin
·            Biaya lebih mahal untuk maintenance
·            Mumpuni digunakan apabila traffic web tinggi
·            Server di letakkan di suatu data center khusus
·            Server disediakan oleh pihak pengguna sendiri yang lalu dititipkan di tempat penyedia. Penyedia akan memberi tempat, outlet listrik, dan koneksi Internet + IP address

Jadi gambaran globalnya antara Shared hosting dan Co-Location adalah sebagai berikut :

Shared hosting
Shared hosting adalah layanan hosting di mana sebuah account hosting ditaruh bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama. Keuntungan shared hosting adalah harganya yang murah, namun kerugiannya adalah tingkat privasi dan performa yang tidak sebaik hosting dedicated.

Co-Location
yaitu penempatan beberapa perangkat yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau group pada suatu tempat penyedia jasa atau sering disebut dengan Internet Service Provider (ISP) sehingga pelanggan dapat mengatur dan menginstall software-software yang diperlukan untuk kegiatan usahanya. Colocation adalah cara yang paling mendekati keadaan seolah-olah memiliki staf atau bagian yang mengelola servernya sendiri dalam rangka untuk mempermudahkan akses secara luas di dunia maya, sehingga dengan kata lain colocation adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server .

Jadi, kelompok kami  memilih menggunakan Shared Hosting karena beberapa pertimbangan berikut :
-     Web kami masih bersifat development dan baru saja launching jadi  traffic masih belum terlalu tinggi
-          Biaya relatif murah

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Blogholic