Selasa, 14 Februari 2012

Resume Managerial Economics


BAB I
TEORI PERUSAHAAN

Ekonomi manajerial adalah aplikasi teori ekonomi dan perangkat ilmu keputusan untuk membahas bagaimana suatu organisasi dapat mencapai suatu tujuan atau maksudnya dengan cara yang paling efisien.           
           
Perusahaan adalah suatu organisasi yang menggabungkan atau mengorganisasikan berbagai sumber daya dengan tujuan untuk memproduksi barang dan atau jasa.

Tujuan perusahaan adalah memaksimumkan kekayaan atau nilai perusahaan.

Teori mengenai perusahaan :
1)      sales maximization
memaksimalkan penjualan setelah tingkat laba yang telah dirasa cukup berhasil untuk memuaskan pemegang saham
2)      maksimisasi utilitas manajemen
memaksimumkan utilitas atau kepuasan manajemen (gaji,tunjangan,kantor mewah) seiring dengan semakin modern dan semakin besarnya perusahaan yang memisahkan antara manajemen dan pemilik.
3)      Satisfying behaviour
Perusahaan lebih bersifat memuaskan daripada memaksimumkan organisasi

Memaksimalkan nilai yang diharapkan sekarang dipandang sebagai tujuan utama bisnis dalam  model ekonomi tentang perilaku perusahaan.
Maksimisasi nilai yang diharapkan, penekanan pada maksimisasi laba yang mencakup ketidakpastian dan dimensi waktu.

# Nilai Perusahaan
Sebagai nilai sekarang dari arus kas bersih perusahaan yang diharapkan di masa mendatang
Rumus :
Nilai Perusahaan =
                             =                                                   
Disini  dan sebagainya mewakili laba yang diharapkan setiap tahun. t dan i  adalah suku  bunga atau suku diskonto yang sesuai. Karena laba () sama dengan pendapatan total (TR) dikurangi biaya total (TC), persamaan 1 dapat ditulis ulang sebagai berikut :
                                                      Nilai =                                                                    
Konsep penting  dalam ekonomi  manajerial adalah bahwa keputusan manajerial di  keseluruhan perusahaan harus dianalisis dalam bentuk pengaruh keputusan tsb terhadap berbagai faktor penentu nilai  yang diekspresikan dalam persamaan 1 dan 2.

# Nilai Sekarang
Nilai sekarang (present value) merupakan nilai laba masa mendatang yang diharapkan, yang didiskonto kembali ke saat ini dengan suku bunga yang sesuai
Contoh Soal :
Hitung nilai sekarang dari $100 yang jatuh tempo dalam 2 tahun dengan tingkat diskonto 5%
Jawab:             PV =
                        PV = $ 95,238 + $ 90,703
                        PV = $185,941

Batasan dan Teori Perusahaan
Kebanyakan keputusan manajerial dibuat berdasarkan batasan yang dikenakan oleh teknologi, kelangkaan sumber daya, kewajiban kontrak dan batasan-batasan pemerintah. Untuk mengambil keputusan yang memaksimumkan nilai, para manajer harus mempertimbangkan implikasi  jangka pendek maupun panjang serta bagaimana berbagai batasan tersebut  mempengaruhi kemampuan mereka untuk mencapai  tujuan organisasi.
Tiga kategori batasan perusahaan adalah :
1.      Batasan sumber daya, contoh :
-       tenaga terlatih
-       bahan mentah
-       mesin
-       ruang gudang

  1. batasan jumlah jumlah atau mutu keluaran, contoh :
-      tingkat keluaran minimum tertentu harus diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pengiriman
-       persyaratan gizi untuk untuk campuran makanan
-       persyaratan keandalan untuk produk-produk elektronik
-       persyaratan untuk tingkat pelayanan tertentu dan batasan hukum
  1. Batasan kapital yang dimiliki perusahaan, contoh :
-       upah minimum
-       standar kesehatan dan keamanan
-       standar emisi polusi dan persyaratan efisiensi bahan bakar
-       praktek penetapan harga yang wajar

 

LABA

Terdapat dua jenis laba, yaitu:
a.      Laba Bisnis
Pendapatan penjualan dikurangi biaya eksplisit (akuntansi) dalam menjalankan bisnis
b.      Laba ekonomi
Laba bisnis dikurangi biaya modal yang implisit dan masukan lain yang disediakan pemilik dan dipergunakan perusahaan

Konsep biaya
  1. Eksplisit cost / accounting cost : biaya yang pengeluarannya ada bukti jelas. Contohnya gaji,listrik,bbm,dll.
  2. Implisit cost : biaya yang tidak terlihat jelas atau tidak terasa jelas tetapi tetap harus diakomodir sebagai biaya.
Laba bisnis      = Total Revenue – Total cost eksplisit
                   Jj   = TR - TCeksplisit
Laba ekonomi = Total revenue – Total cost eksplisit – Total cost Implisit
= TR - TCeksplisit – TCimplisit



Contoh Soal :
seorang wanita mengelola tempat fotocopi dan digaji $ 25.000 setahun memutuskan untuk membuka bisnis fotokopi sendiri. Diketahui penerimaannya selama setahun pertama operasi adalah $ 120.000 sedangkan pengeluarannya sbb. : gaji karyawan $45.000, bahan-bahan $ 15.000, sewa $10.000, utilities $1.000, bunga pinjaman bank $10.000.
Tentukan :
a) biaya eksplisit
b) biaya implisit
c ) laba bisnis
d) laba ekonomi
jawab :
a)      Biaya eksplisit =  $45.000 + $ 15.000+ sewa $10.000 + bunga pinjaman bank $10.000 = $81.000
b)      Biaya implisit = $25.000
c)      Laba bisnis = $120.000 - $81.000 = $39.000
d)      Laba ekonomi = $120.000 - $81.000 - $25.000 = $14.000


BAB II
TEORI PERMINTAAN

Dalam teori permintaan terdapat hubungan terbalik antara harga suatu barang dengan jumlah barang yang diminta pada periode waktu tertentu, faktor lain tetap. Peningkatan harga suatu barang / jasa, ceteris paribus (faktor lain dianggap tetap), akan menurunkan jumlah barang / jasa yang diminta.

Permintaan Individu Konsumen
QdX = f(PX, I, PY, T)
         QdX = jumlah barang X yang diminta pada periode waktu tertentu
         PX = harga barang X
         I = pendapatan konsumen
         PY = harga barang yang berkaitan (substitusi atau komplementer)
         T = selera konsumen
Keterangan :
         DQdX/DPX < 0
         DQdX/DI > 0 jika suatu barang normal
         DQdX/DI < 0 jika suatu barang inferior
         DQdX/DPY > 0 jika X dan Y substitusi
         DQdX/DPY < 0 jika X dan Y komplementer

Fungsi Permintaan Pasar
QDX = f(PX, N, I, PY, T)
         QdX = jumlah barang X yang diminta pada periode waktu tertentu
         PX = harga barang X
         N  = jumlah konsumen
         I = pendapatan konsumen
         PY = harga barang yang berkaitan (substitusi atau komplementer)
         T = selera konsumen

Contoh soal :
Regresi permintaan mobil chevrolet
Dik :
Qc = 100000-100Pc+2000N+50I+30Pf-1000Pg+3A+40000Pi
Dimana :
Qc = kuantitas yang diminta chevrolet pertahun
Pc = Harga chevrolet
N  = Populasi (jutaan)
I    = Pendapata perkapita (dolar)
Pf  = Harga mobil ford (dolar)
Pg = Harga bensin (sen per galon)
A  = pengeluaran iklan
Pi = insentif kredit

Dit :
Tentukan nilai Qc jika Pc= $9.000; N = 200juta; I= $10.000; Pf= $8.000; Pg = 80Sen ;              A= $200.000 dan Pi = 1

Jawab :
Qc = 100000 – 100(9000) + 2000(200) + 50 (10000) + 30 (8000) – 1000(80) +3(200000) + 40000 (1)
     = 900000 unit
Jika perusahaan menaikan harga chevrolet sebesar 25%, hitunglah perubahan permintaan yang mungkin terjadi dengan asumsi variabel yang lain tetap.
Elastisitas harga chevrolet = -100 (9000/900000) = -1
Qc^      = 900000 + 900000 (25%) (-1)
            = 900000 -  225000
            = 675000 unit
Jadi apabila perusahaan menaikan harga sebesar 25% maka permintaan terhadap mobil chevrolet akan berkurang sebesar 225000 unit.






Contoh soal :
Fungsi Permintaan Kentang Manis :
Dik : Qds= 7.609 – 1.606Ps + 59N + 947 I + 479 Pw – 271 t
         Qds = Jumlah kentang yang dijual per tahun dalam 1.000 cwt
         Ps = Harga kentang (dolar per cwt)
         N  = Rata-rata populasi (jutaan)
         I = Disposable income per capita (ribuan dolar)
         Pw = Harga kentang putih (dolar per cwt)
         t = tren waktu, t =1 (1949), t=2 (1950), dst







E>  0 Merupakan Barang Normal
Ei < 0 Merupakan Barang Inferior
Exy  >  0 Merupakan Barang Substitusi
Exy < 0 Merupakan Barang Komplementer

Penggunaan Elastisitas dalam Keputusan Manajerial
Analisis kekuatan variabel-variabel yang mempengaruhi permintaan dan estimasi dampaknya terhadap penjualan sangat penting bagi pengambilan keputusan manajerial. Variabel-variabel tersebut ada yang dapat dikendalikan dan ada juga yang diluar kendali manajemen. Oleh karena itu, harus diidentifikasikan semua variabel penting yang mempengaruhi permintaan dan estimasi terhadap nilai-nilai elastisitasnya.
Contoh Kasus:
Dik :
Departemen penelitian di Cornflakes (CF) mengestimasi regresi permintaan sebagai berikut:  Qx = 1,0 -2,0Px + 1,5 I + 0,8 Py – 3,0 Pm + 1,0 A
dimana:           Qx        = penjualan CF dalam jutaan bungkusan 10 ons per tahun
Px        = harga CF, dalam dolar perbungkusan sepuluh ons
I           = pendapatan disposable perorangan, dalam triliun dolar per tahun
Py        = harga produk saingan dalam dolar perbungkusan 10 ons
Pm       = harga susu, dalam dolar per quart
A          = biaya iklan untuk CF, dalam ratusan ribu dolar pertahun

Dit :
Tahun ini, Px = $2, I = $4, Py = $ 2,5, Pm= $1, dan A = $2
a.      Hitunglah penjualan CF tahun ini
b.      Hitung elastisitas dari penjualan terhadap setiap variable dalam fungsi permintaan
c.       Estimasikan tingkat penjualan tahun depan jika CF mengurangi Px sebesar 10%, meningkatkan iklan sebesar 20%, Pendapatan meningkat sebesar 5%, Py berkurang 10%, dan Pm tidak berubah
d.      Seberapa besar CF harus mengubah biaya iklannya jika menginginkan penjualan 30% lebih besar dari tahun ini

Jawab :
a.      Qx        = 1,0 – 2,0 Px + 1,5 I + 0,8 Py – 3,0 Pm +1,0 A
= 1,0- 2,0 (2) + 1,5 (4) + 0,8 (2,5) -3,0 (1) +1,0 (2)
= 1,0 – 4,0 + 6,0 + 2,0 – 3,0 + 2
= 4 (juta bungkusan 10 ons pertahun)

b.      Ep        = a1 (P/Q)
= -2 (2/4) = -1
            Ei         = a2 (I/Q)
                        = 1,5 (4/4) = 1,5
            Exy       = a3 (Py/Q)
                        = 0,8 (2,5/4) = 0,5
            Exm     = a4 (Pm/Q)
                        = -3 (1/4) = -0,75
            Ea        = a5 (A/Q)
                        = 1 (2/4) = 0,5

c.       Q’x       = Qx + Qx (%) Ep + Qx (%) Ei + Qx (%) Exy + Qx (%) Exm + Qx (%) Ea
= 4 + 4(-10%) (-1) + 4(5%)1,5+4(-10%)0,5+4.0(-0,75)+4(20%)0,5
= 4,9 (juta bungkusan 10 ons pertahun)

d.      Q’x       = Qx + Qx (%) Ep + Qx (%) Ei + Qx (%) Exy + Qx (%) Exm + Qx (%) Ea
5,2       = 4+ 4(%)Ea
1,2       = 2 (%)
%A       = 60%




BAB III
ESTIMASI PERMINTAAN

Estimasi Permintaan: Pendekatan Riset Pemasaran
-        Survei Konsumen : mensurvei konsumen bagaimana reaksi terhadap jumlah yg diminta jika ada perubahan harga, pendapatan, dll. Dengan menggunakan kuisioner.
-        Penelitian Observasi : pengumpulan informasi tentang preferensi konsumen dengan mengamati bagaimana mereka membeli dan menggunakan produk.
-        Klinik Konsumen : eksperimen lab dimana partisipan diberi sejumlah uang tertentu dan diminta membelanjakannya dalam suatu toko simulasi dan mengamati bagaimana reaksi mereka jika terjadi perubahan harga, pendapatan, selera konsumen dll.
-        Eksperimen Pasar : mirip klinik konsumen, tetapi dilaksanakan di pasar yang sesungguhknya.
Analisis Regresi         
·      Garis Regresi : Line of Best Fit.
·      Garis Regresi : meminimunkan jumlah dari simpangan kuadrat pada sumbu vertikal (et) dari setiap titik pada garis regresi tersebut.
·      Metode OLS (Ordinary Least Squares): metode jumlah kuadrat terkecil.
Analisis Regresi Sederhana
Metode : OLS
Tujuan: menentukan kemiringan (slope) dan intercept yang meminimumkan jumlah simpangan kuadrat (sum of the squared errors).

Uji Signifikansi
·        Uji Parsial
T statistik > t kritis à Ho ditolak
Derajat kebebasan = banyak data – banyak variabel
·        Uji  global
F statistik > F kritis à Ho ditolak
Derajat kebebasan = (banyak variabel-1)/(jumlah data-banyak variabel)
·        R2
Semakin besar R2 maka lebih besar pengaruh variabel tersebut

Contoh Soal :
Frans an owner of Marts would like to make presentation in front of local bank to get more credit. She want to know what factors that make particular outlet profitable. She collect some data as followed:
Sample mart
Daily sales
($)
Store area
(m)
Parking space(km)
Income
($ thousand)
1
1840
532
6
44
2
1746
478
4
51
3
1812
530
7
45
4
1806
508
7
46
5
1792
514
5
44
6
1825
556
6
46
7
1811
541
4
49
8
1803
513
6
52
9
1830
532
5
46
10
1827
537
5
46
11
1764
499
3
48
12
1825
510
8
47
13
1763
490
4
48
14
1846
516
8
45
15
1815
482
7
43

a.      Determine the regression equation
b.      Show the statistic test with SPSS
Jawab:
Perhitungan mengunakan SPSS sebagai berikut :
Model Summary
Model
R
R Square
Adjusted R Square
Std. Error of the Estimate
1
.914a
.835
.790
13.424
a. Predictors: (Constant), Income, Storearea, Parkingspace

ANOVAb
Model
Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.
1
Regression
10057.682
3
3352.561
18.604
.000a
Residual
1982.318
11
180.211


Total
12040.000
14



a. Predictors: (Constant), Income, Storearea, Parkingspace
b. Dependent Variable: Dailysales








Coefficientsa
Model
Unstandardized Coefficients
Standardized Coefficients
t
Sig.
B
Std. Error
Beta
1
(Constant)
1480.745
126.304

11.724
.000
Storearea
.731
.163
.560
4.479
.001
Parkingspace
9.991
2.600
.526
3.843
.003
Income
-2.308
1.595
-.201
-1.447
.176
a. Dependent Variable: Dailysales

Jawab :
·         Persamaan regresi :  Y = 1480.745 + 0 .731X1 + 9.991X2 + -2.308X3.
·         Uji t store area : t hitung 4.479 > t table 2.201 , artinya store area berpengaruh terhadap sales.
·         Uji t parking space : t hitung 3.843 > t table -2.201 artinya parking space berpengaruh terhadap sales.
·         Uji t income : t hitung -1.447< t tabel -2.201 artinya income tidak mempengaruhi sales.
·         Uji F : t hitung 18.604> t tabel 3.49, artinya Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh variabel store area, parking space, dan income terhadap sales.
·          Koefisien determinasi (R2) adalah 0.835, artinya 83.5% berubahnya daily sales  dipengaruhi oleh store area, parking space, dan income.


BAB IV
TEORI PRODUKSI DAN ESTIMASI

Produksi merupakan suatu proses transformasi input menjadi output yang didalamnya menghasilkan value added.
Input    : Sumber Daya yang digunakan dalam proses produksi.
Output : produk yang dihasilkan dari kegiatan produksi.
Faktor-faktor produksi :
·         Land (L)
·         Labour (L)
·         Skill (S)
·         Capital (K)
Input dibagi menjadi dua macam :
·         Fixed Inputs
·         Variabel Inputs (perubahan yang biasa terjadi dari short run ke long run)

Contoh 1 variabel input :
Total Produksi : TP = Q = f (L)
Marginal Product :
MPL =
Average Product :
APL = TP/L
Production Elasticity :
EL = MPL/APL
Isocost : garis yang menggambarkan biaya yang sama
Isokuant : dua variable input yang membentuk level output sama


Contoh Soal:
Q = 100.K0,5 L-0,5
C* = $1000      ; w = $30         ; r = $40
Tentukan manakah kombinasi unit K dan L yang memaksimumkan output?
Jawab:



K/L = ¾

C* = w.L + r.K
1000 = 30L+40K
1000 = 30.4/3K + 40 K
1000 = 80 K
K = 12,5 unit
L = 10 unit
Kesimpulan : dari perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa kombinasi K dan L yang paling tepat untuk memaksimalkan output ialah K sebesar 12,5 unit dan L sebanyak 10 orang tenaga kerja.



BAB V
TEORI DAN ESTIMASI BIAYA

Economic cost = implicit cost + opportunity cost
Relevant cost = incremental cost
Irrelevant cost = sunk cost          

TC = f(Q) = TFC + TVC
TC = total cost yang tergantung oleh output
TFC = total fixed cost dimana merupakan biaya yang tidak berubah, walaupun ada perubahan output.
TVC = total variable cost dimana biaya yang berubah saat output berubah

Average Total cost = ATC = TC/Q
Average fixed cost = AFC/Q
Average variable cost = AVC/Q
Marginal cost = MC =
Pada Mass Production semakin banyak output, maka biaya tetap rata-rata semakin kecil.










Contoh Soal :
Lengkapilah tabel berikut!
Kuantitas output
(Q)
Biaya tetap total (TFC)
Biaya variabel total (TVC)
Total Biaya (TC)
Biaya tetap rata-rata (AFC)
Biaya variabel rata-rata (AVC)
Biaya total rata-rata (ATC)
Biaya Marginal (MC)
0
60

60




1
60

80




2
60

90




3
60

105




4
60

140




5
60

195





Jawab:
VC = TC - FC
Average Total cost = ATC = TC/Q
Average fixed cost = AFC/Q
Average variable cost = AVC/Q
Marginal cost = MC =
Maka diperoleh:
Output
FC
VC
TC
AFC
AVC
ATC
MC
0
60
0
60
-
-
-
-
1
60
20
80
60
20
80
20
2
60
30
90
30
15
45
10
3
60
45
105
20
15
35
15
4
60
80
140
15
20
35
35
5
60
135
195
12
27
39
55





Contoh soal :
Seorang penerbit mengestimasikan biaya sebagai berikut :
Biaya tetap total
Penyuntingan naskah              $10.000
Setting naskah                                     $70.000
Penjualan dan promosi                       $20.000
            Total biaya tetap         $100.000
Biaya variabel rata-rata
Percetakan dan penjilidan                  $6
Biaya administrasi                              $2
Komisi penjualan                                $1
Diskon toko buku                                 $7       
Royalti pengarang                              $4       
            Biaya variabel rata-rata                     $20
Harga jual                                           $30
a)      Tentukan ouput balik modal dan penerimaan total penjualan
b)      Tentukan output yang akan menghasilkan laba total sebesar $60.000 dan penerimaan total penjualan pada tingkat output tersebut
Jawab :
a)      Q         = TFC / P-AVC
= $100.000 / $30 - $20
= 10000 unit
Jadi output balik modal terjadi pada produksi 10000 unit
Total revenue = 10000 x 30 = $300.000
b)      Q         = TFC + laba / P – AVC
= $100.000 + $60.000 / $30 - $20
=16000 unit
Jadi untuk menghasilkan laba sebesar $60000 harus produksi sebanyak 16000 unit
Total revenue =  16000 x $30 = $480.000



0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Blogholic