Selasa, 14 Februari 2012

Sistem Informasi Manajemen (SIM)


             Sisten informasi manajemen (SIM) : merupakan sebuah fungsi dari perusahaan yang mengawasi pemakaian, penggunaan, dan pengelolaan teknologi informasi, yang termasuk didalamnya adalah Komputer dan Telekomuniasi.
          Selama lebih dari lima puluh tahun fungsi tersebut menjadi lebih jelas bahwa teknologi semacam ini dapat mengakibatkan pergeseran nilai-nilai perusahaan, dengan menggunakan alat bantu komputer, seiring juga menimbulkan duplikasi maupun kesenjangan (overlap dan gap) informasi, dengan alasan ini timbulah tuntutan untuk menggunakan sistem informasi menejemen dalam membangun usaha, sebab akan memudahkan adanya intergrasi antara data dan pengelolahnya dalam SIM, sistem terpadu inilah yang dipergunakan. Integrasi data dalam SIM (menggunakan komputer ) dicapai melalui sistem “data-base” (data yang tersimpan dalam media penyimpanan komputer). akibatnya muncullah gagasan untuk mengetasi persoalan, sebaiknya manusia dan mesin membentuk sebuah sistem gabungan, dengan hasil yang diperoleh dari dialog dan interaksi antara mesin (komputer) dan manusia pengelolahnya. Sehingga SIM mempergunakan alat bantu komputer.
          Tapi, sebelum mengunakan komputer sudah ada gagasan mengenai sistem informasi untuk mendukung manajemen. Penggunaan sistem informasi dalam mencapai tujuannya untuk mengelolah suatu usaha seperti yang ada sekarang ini, sehingga menggikut sertakan gagasan dan teknik-teknik ilmu manajemen. Teori tentang keperilakuan manajemen dan pengambilan keputusan, yang akan membuka kesempatan untuk dapat meningkatkan pendapatan dan mengurangi beban. Sistem ini secara tradisional sudah merampingkan proses perusahaan yang sudah ada, membuat perusahaan lebih efisien, membuka kesempatan perusahaan yang tadinya tampak tidak mungkin dilaksanakan. Dan meningkatkan hubunggan antara pemasok dan pelanggan, ditambah lagi dengan kemampuan komputer yang mampu melakukan pemrosesan dan penyimpanan informasi, dalam jumlah yang sanggat banyak. Maka lengkaplah sudah perwujudan gagasan sistem informasi menejemen (SIM)  tersebut.

*Unsur-unsur Sistem Informasi Manajemen (SIM)
          Adanya sistem manusia atau mesin yang terpadu, untuk menyusun informasi, guna mendukung fungsi operasi manajemen dan pengmbilan keputusan dalam sebuah organisasi. Dari pengertian tersebut dapat di catat adanya unsur-unsur penting dari SIM antara lain :
a.  Sistem Manusia /Mesin,
a.  Sistem Terpadu, dan
b. Sistem Operasi.

a.       Sistem Manusia/Mesin.
Sistem ini biasanya memilih sistem deterministikyang relatif tertutup. Sistem semacam ini biasanya lebih mudah dirancang dibandingkan sistem probablistik terbuka,karena perilakunya yag dapat didugasistem ini juga mudah diatur dan dikendalikan. Dalam bidang sistem informasi ,unsure mesin seperti computer dan program computer relatif tertutup dan deterministic. Sedangkan unsure manusia adalah sistem terbuka dan probabilistic pemakaian keduanya sistem manusia dan mesin dalam sistem membentuk sebuah sistem manusia/mesin. Ada kombinasi manusia dan mesin yang mungkin sistem manusia/mesin dapat mengandalkan mesin dan memakai manusia hanya suatu monitor atas operasi mesin. Atau ,pada sebuah sistem dapat menekankan pada manusia sehingga mesin hanya melaksanakan peran pendukung seperti menyediakan perhitungan atau mencari data.


b.      Sistem terpadu.
Sebuah sistem terpadu berdasrkan pada kebanyakan sistem pengolahan computer yang pada mulanya mengikuti ancangan sistem pengolahan manual. Sebuah analitis yang memakai sebuah “file” baru yang berasal dari bagian-bagian “file”terpisah. Pengolahan terpadu dicapai melalui sebuah perencanaan sistem scara menyeluruh. Gagasan pokok sistem terpadu adalah panduan terencana dari berbagai penerapan yang layak dan efektif.

c.       Sistem Operasi
Sistem pengolahan informasi yang mutakhir pun masih harus melayani pengolahan transaksi.pengolahan transaksi menyajikan masukan bagi penerapan selanjutnya,untuk mengoprasikan pengolahan transaksi pada systems-sistem mutakhir,dan menuju pada pengumpulan data secara ‘online’. Kemampuan memperoleh informasi secara ‘online’ sangat besar peranannya dalam mendukung operasi. Berarti dalam setiap petugas yang berwenang dapat memperoleh jawaban langsung atas suatu pemintaan informasi seperti posisi terakhir perkiraan seorang pelanggan atau sediaan yang ada untuk jenis barang tertentu.

            Seseorang yang memiliki tugas pengambil keputusan, tidaklah cukup kalau hanya menerima data mentah atau ikhtisar. Mereka memerlukan cara pengolahan data dan penyajian data sedemimikian rupa, agar keputusan dapat diambil. Dengan kata lain,seseorang pengambil keputusan (manajer) memerlukan cara pengolahan data dalam bentuk model pengambilan keputusan. Semua ini ini akan terpadu dalam penggunaan SIM.
          Model-model pembantu keputusan yang dipakai dalam sistem dapat berupa model cerdas (intellence) untuk menemukan persoalan, model keputusan (decision model) untuk mengenali dan menganalisis, dan berbagai model pilihan, seperti model optimisasi (optimization model) yang membeikan suatu penyelesaian optimal atau metode pemuas untuk memutuskan atas sebuah penyelesaian yang memuaskan. Dengan perkataan lain diperlukan berbagai ancangan analitis  dan permodalan untuk memenuhi berbagai situasi yang memerlukan keputusan.
          Beikut ada beberapa contoh persoalan pemakai SIM dan manfaatnya :
a.       Petugas administrasi, untuk mengerjakan transaksi, mengelola data dan menjawab pertanyaan.
b.      Manajer tingkat bawah, untuk mendapatkan data operasi, membantu perencanaan, penyusunana jadwal, mengetahui situasi yang tak terkendali, dan mengambil keputusan.
c.       Staf ahli, untuk mendapat informasi bagi analisisnya, membantu menganalisisnya, perencanaan dan pelaporannya.
d.      Manajemen, untuk laporan tetap, permintaan informasi khusus, laporan khusus mengenali persoalan dan peluang,menganalisis pengambilan keputusan.

Prinsip utama perancangan SIM : SIM harus dijalin secara teliti agar mampu melayani tugas utama. Tujuan sistem informasi manajemen adalah memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam subunit organisasional perusahaan. SIM menyediakan informasi bagi pemakai dalam bentuk laporan dan output dari berbagai simulasi model matematika.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Blogholic